Wednesday, April 8, 2009

Little China Town di Parakan




Kalau anda melintasi jalan Diponegoro Parakan Temanggung. anda akan melihat deretan toko sepanjang 1 km yang menjual berbagai macam dagangan mulai dari salon, toko rokok, toko klontong, toko emas dan lain-lain, di sini anda akan melihat laju perdagangan terbesar kedua setelah kota temanggung.
masyarakat Jalan diponegoro dan sekitarnya merupakan mayoritas keturunan cina. dari data yang aku peroleh warga cina datang di Parakan sebelum perang kemerdekaan, itu dibuktikan adanya klenteng Tridarma yang berdiri di Kota Parakan. Sebagai Kota Tembakau banyak pedagang yang mencari daun tembakau di daerah Parakan dan sekitarnya dan banyak pedagang cina yang menetap di sini kebanyakan mereka pedagang cina dari Magelang.
Kota Parakan adalah kota Temanggung lama, karena dulu pusat pemerintahan ada di Parakan dan setelah kemerdekaan berpindah di Kota Temanggung yang berjarak 7 km dari Kota Parakan.
Warga cina di parakan lebih membaur dengan masyarakat pribumi dan sudah banyak dari mereka yang WNI. sekarang banyak bangunan lama milik warga cina yang direnovasi yang menghilangkan arsitektur kota lama di Parakan.




No comments:

Post a Comment