Wednesday, April 8, 2009

Kota Temanggung di mana sih?






Pertama mendengar nama Temanggung didalam percakapan sangat sulit menjelaskan
A: Dari mana mas?
B: Temangggung….
A: Temanggung itu mana ?
B: Jawa Tengah Mas…
A: Sama semarang dekat ngga
B: Magelang
A: oo magelang ya ya yang tempatnya AKABRI itu, wah jauh dong mas.berangkat dari sana jam berapa?
Itulah yang selalu aku jelaskan ketika mengenalkan Kota Temanggung kepada orang yang baru aku kenal. Aku sering mengatakan dari Magelang daripada harus di tanyai terlalu panjang, kalau mereka sudah pernah ke Magelang dan bertanya magelangnya mana baru aku jelaskan Temanggung itu dimana. Itulah cerita Tentang orang Temanggungan di perantauan.
Banyak orang mengenal Parakan dari pada Temanggung, waktu ontran ontran Bupati Temanggung yang di gulingkan oleh rakyatnya yang di siarkan setiap hari di TV orang banyak mengenal Temanggung. Dan sekarang berita tentang Temanggung sudah berkurang di Media Nasional.
Penulis ingin mengenalkan Temanggung dalam blog ini , mengenalkan kepada anda yang lagi mampir di blog ini dengan bantuan om google atau tante yahoo hehhe :) .
Temanggung adalah Kota kecil yang nyaman dan sejuk pastinya karena berada di lereng Gunung Sumbing dan sindoro. Orang orangnya ramah dan mudah senyum maka dinamakan Temanggung Bersenyum :) . Temanggung Kota yang di lewati jalur bus Semarang-Purwokerto dan Jogja-Jakarta via Weleri. Temanggung Kota Tembakau karena gudang – gudangnya penuh dengan tembakau. Kalau musim tembakau banyak kendaraan hilir mudik dari truk sampai helicopter.Temanggung Bumi Pala, dulu waktu jaman belanda petani Temanggung banyak menanam tanaman rempah-rempah yang dikirim dengan jalur kereta api, sekarang tinggal kenangan tinggal relnya saja. Plat Nomor Polisi untuk kendaraan orang Temanggung (AA —- E) menyebutnya aae . Makanan Favorit Bakso ulek dan Kupat Tahu. Bahasa keseharian masyarakatnya adalah Bahasa Jawa, (de e, Biangane, cah manggung, dll adalah salah satu bahasa kesehariannya).Temanggung punya Kyai Parak merupakan tempat pesantren NU yang terkenal. Temanggung punya Meteor Garden yang berupa batu dari langit. Temanggung punya Mata Air suci tempatnya di jumprit airnya diambil waktu acara waisak di Borobudur.
Tertarik dengan Kota Temanggung?

No comments:

Post a Comment