Wednesday, April 8, 2009

Safari Dharma Raya OBL




Mengenal Nama Temanggung pasti mengenal kata OBL / SAFARI DHARMA RAYA yaitu Ratusan Armada Bus yang telah lilir mudik jawa - bali sejak tahun 1971.

PT. Safari Dharma Sakti (dengan nama dagang PO. SAFARI DHARMA RAYA) mulai berdiri tahun 1969 dikota Temanggung, Jawa Tengah dengan nama PO. OBL yang mana merupakan singkatan initial nama dari pemiliknya Oei Bie Lay (Darmoyuwono).

Rute awal yang dijalani adalah rute jarak pendek yaitu jurusan Magelang - Ngadirejo PP. Dalam perkembangan usaha jasa angkutan ini mulai merambah ke armada bis malam pada tahun 1971 dengan rute Temanggung - Surabaya - Malang PP (baik melalui Yogyakarta maupun Semarang), dan kemudian semakin berkembang dengan menambah rute jurusan Yogyakarta - Jakarta PP pada tahun 1974 dan pada tahun 1989 membuka 2 jurusan baru sekaligus yaitu Jakarta - Denpasar PP dan Temanggung-Yogyakarta - Denpasar PP.

Agar lebih berkonsentrasi pada armada bis malam dengan spesialisasi kelas eksekutif dan super eksekutif maka rute bis siang mulai tahun 1984 tidak dijalani lagi.

Sepeninggal Bp. Darmoyuwono (tahun 1989), PO. SAFARI DHARMA RAYA dijalankan oleh dua orang putranya yaitu Hendro Darmoyuwono yang berkantor di Jakarta dan Santoso yang berkantor di Temanggung dengan di bawah pengawasan lbu Soetari Darmoyuwono.




4 comments:

  1. pelayanannya kurang bagus dibanding bis malam lainnya.
    perawatan interior tidak diperhatikan terbukti dengan adanya tempat duduk yang rusak, AC mati, lcd tidak pernah di STEL, n paling menyebalkan saat kita komplain crew saling lempar pada saat pemberangkatan n tidak ada yang mau tanggung jawab.
    service makan di RM taman sari menunya cuma balado telur terus gk pernah ganti.

    ReplyDelete
  2. DH.

    Betul sekali pelayanan yang sudah g solid lagi.OBL armada kebanggaan cah temanggung mestinya lebih di tingkatkan kwalitas pelayanan On time.selama ini baik pemberangkatan maupun tempat tujuan kok semakin g menjanjikan.alias MOLOR.kalah dengan bis yang lain sejalur arah temanggung/Jakarta.Apalagi untuk Class Economi ALAMAAAAAK...sudah udzuur mas....OBL mestinya lebih berani bersaing kpd armada lainya.yang mana OBL Transport Tunggal di kota Temanggung.

    ReplyDelete
  3. OBL.OK.Tp bukan untuk sekarang.
    mang g bisa di perbaiki itu karoseri SAFARI DHARMA JAYA UNTUK SEMUA NO POL.???BEN ENAK TO MAS..MASA JADI KAYAK NAIK KURSI BAMBU.HAHAHACEPAT YO NDANG GANTI BEN MAK nYOOOZZZ.SAMPAE TEMANGGUNG BEN TIDUR MANIS MESKIPUN NAIK CLASS ECONOMI BROOOWW

    ReplyDelete
  4. selamat malam, nama saya kurniawan umur 32 tahun, memiliki SIM B2 Umum
    hendak menanyakan adakah lowongan pada posisi pengemudi bus malam
    mohon bila ada lowongan pada posisi tersebut diberitahukan syarat-syaratnya
    terimakasih
    wido_lang@yahoo.com

    ReplyDelete