Wednesday, April 8, 2009

Membangun pasar Legi parakan






Melihat pemandangan pasar Legi parakan apa yang anda bayangkan ?
Macet, Kumuh, Parkir Dokar yang menghabiskan badan jalan, Ngga ideal karena di Tengah Kota Parakan dan banyak lagi opini tidak menariknya tentang Pasar Legi Parakan kini.
Permasalahan pasar selalu itu dan itu, sebenarnya idealnya Pasar Modern itu seperti apa?
Kalau Kita amati pasar Legi parakan mermasalahan utama adalah lahan parkir yang menghabiskan badan jalan dan adanya terminal bayangan yang mengganggu lalu lintas jalan.
Arus lalu lintas dari pantauan penulis pada jam sibuk pukul 6.30 WIB – 17.00 WIB kemacetan terjadi di sekitar pasar dan setelah 17.00 WIB – 24.00 WIB Arus lalu lintas berjalan normal, Karena disebabkan aktifitas pengunjung pasar berkurang .
Area pasar sudah terkesan kumuh karena bangunan pasar yang lama dan kios yang semi permanen menjadikan pasar Legi parakan harus segera di benahi dengan perencanaan yang lebih modern.
PEMBANGUNAN KEDEPAN

1. Membenahi kemacetan dengan membuat Parking Ground, Transit Area buat angkutan di lantai bawah bangunan Pasar. Dari pantauan penulis pembangunan Pasar di Kabupaten Temanggung Lahan Parkir selalu terlupakan dengan lahan parkir yang sedikit, mengkibatkan kemacetan dan kesemrawutan jalan.
Lahan parkir adalah keuntungan yang terlupakan. Kalau di kelola dengan baik dan benar Pemerintah Kabupaten Temanggung akan mendapatkan pendapatan APBD yang cukup Besar.
Estimasi lahan Parkir Pasar Legi
Roda empat 500 x RP.1000 Karcis = Rp.500.000
Roda dua 1.000 x Rp.500 Karcis = Rp.500.000
Dalam 1 hari Rp.1.000.000,- dalam satu bulan Rp.30.000.000,- dan dalam satu tahun
Rp.360.000.000,- dalam 5 atau 10 tahun bisa anda kalikan saja.

2. Pembangunan Pasar Legi Parakan dibuat Bertingkat karena lahan yang sempit atau pindah tempat baru untuk area yang lebih luas di pinggir kota.

3. Pembangunan Los pasar yang sesuai agar memudahkan pengunjung dalam berbelanja (Contoh: lantai Dasar untuk parkir Lantai 1 Untuk Los Daging, sayuran, buah- buahan dan hasil bumi Lantai 2 Los klontong dan Pakaian, Lantai 3 untuk pujasera dan tempat hiburan)

4. Pembangunan Jalan akses pengunjung antara los yang lebih lebar karena menambah kenyamanan pengunjung. Dan khusus pasar Legi bisa di buat beberapa titik pintu utama karena jalan Raya yang mendukung.

5. Pembangunan Depo sampah yang modern, Sanitasi, peralatan kebakaran,Ventilasi, pencahayaan yang biasanya dibangun asal-asalan akan membuat sebuat pasar terlihat kumuh , berbahaya dan mudah terbakar.

Pengelolaan adalah faktor utama dalam pasar Modern, pembangunan Pasar Legi Parakan adalah wajah kota parakan. Dengan bangunan yang berseni arsitektur Temanggung akan lebih menarik pengunjung dalam dan luar daerah. Pembangunan pasar jangan di lihat hanya dalam segi keuntungan jangka pendek, karena kita bukan membangunan Mall atau Superstore, Tetapi tempat di mana hasil bumi temanggung bisa dijual disana ada pertukaran barang dan uang dan nilai budaya didalamnya.

No comments:

Post a Comment