Friday, April 9, 2010

Teknologi Blu-ray Tembus 128 GB

Masih ingat Teknologi Kepingan VCD dengan Kapasitas sampai 750 MB , kini dengan Kepingan DVD Format Blu-ray telah memcapai 30GB - 50GB dan Format Blu-ray tebaru, kapasitasnya kini telah meningkat menjadi 128GB.

Asosiasi Blu-ray telah menetapkan standar kapasitas cakram tersebut menjadi 128GB untuk cakram sekali pakai dan 100GB untuk cakram yang bisa ditulis berulang.

Format baru Blu-ray ini bernama BDXL. Sayangnya, ada kemungkinan bahwa BDXL tidak kompatibel dengan hardware lama. Terkait masalah aplikasi film komerisal, belum ada kejelasan apakah BDXL akan menggantikan cakram Blu-ray yang ada saat ini atau tidak.

bila nantinya bakal dikembangkan home theatre 3D berbasis BDXL, mengingat besarnya kapasitas Blu-ray terbaru. Tentunya ini bakal menjadi lompatan teknologi bagi industri film box-office.

Cakram baru ini akan memuat tiga atau empat layer dalam satu keping BDXL. Dengan ini, BDXL otomatis akan membutuhkan laser yang lebih kuat untuk membaca data di tiap kepingnya.

Diharapkan BDXL pun dapat menyasar ke segmen pengguna PC untuk menggantikan sistem optik terdahulu. Bisa diprediksi, cakram ini pasti berharga relatif mahal saat pertama diluncurkan.

info : Detik.com

No comments:

Post a Comment